Minggu, 04 September 2011

The Taking Notes Skills…


The Taking Notes Skills…

image resources : 1stopbrainshop.com

Ada sebuah cerita lucu yang saya alami beberapa tahun lalu saat saya mengajar disekolah orang kaya disurabaya, waktu itu saya mengajar siswa kelas enam dan mata pelajaran bahasa inggris. Kami ingin membuat presentasi tentang  countries around the world.  Siswa hendaknya memiliki article yang mereka sukai menyangkut Negara pilihan mereka… setelah tahapan note taking skills kelar, maka setiap anak akan membuat draft presentasi.


Ada satu siswa yang dengan sangat lugas dan cepat menyelesaikan draft tersebut . lebih lanjut dia mengunakan bahasa inggris yang sangat bagus dengan kosakata yang jarang digunakan oleh anak sebayanya… seketika saya bertanya kepada anak itu… what the meaning of …? 


Dia menjawab tidak dengan kata-kata tapi cukup dengan senyum lugu nan innocent dan tidak lupa geleng-geleng kepala.. lalu… saya kembali bertanya… “so what should I do to your work? Or what should you do to your work?”... dia menjawab cukup singkat…” he he he… sorry Mister”… lalu dia mencoret satu paragraph yang dia copy dan hafalkan sebelumnya di rumah.  Lalu dia kembali membuat dengan gaya bahasanya sendiri.


Lanjut cerita saya kembali keliling kelas untuk melihat progress kerja anak-anak saya… lalu saya terkejut ketika saya mendatangi satu siswa perempuan saya. Dia menyobek satu lembar kertas kerjaan. Saya bertanya, “what is the matter? Is it something wrong?... sorry mister. I just copy the article… he he he


Lalu saya kembali menegaskan… 

class-notesgroup4sp2011.blogspot.com

This is the way you take notes…

·           Note is a simple word or a phrase about the most important things facts of what we see or read.
Note itu ya harus simple dan biasanya berupa kata-kata atau frase yang penting-penting saja
·           Try not to take note in a form of a single sentence.
Hendaknya note yang kita ambil bukanlah dalam bentuk kalimat.
·           You may highlight notes and then copy your highlighted notes into a piece of paper.
Gunakan stabillo untuk fakta-fakta penting dan setelah selesai di-highlighted. Pindahlan note tadi dilembar kerta atau catatan.
·           Get rid of the article or remove your article when you finish copy and write your notes.
Singkirkan atau simpan article yang kit abaca tadi ketika kita selesai mengkopi notes kita.
·           Use the copy of you note on your paper.
Gunakan notes yang sudah dipindahkan dan ditulis dicatatan.
·           Tell and write with your own word or style of your note. Write them in detail and easily to be understood this is you draft.
Kembangkan note yang telah dikumpulkan tadi dengan gaya bahasa kalian sendiri. Tulislah sedetail mungkin dan mudah dipahami. Apa yang kalian kerjakan ini disebut juga dengan draft.
·           When you finish your draft.  Well that is your piece of writing… your very own…
Ketika sudah kelar semua, kerjaan sudah selesai tinggal membuat good copynya saja..


Nah setelah itu kalian boleh berbangga bahwa kalian telah berhasil membuat karya tulis sendiri…


Oh ya… jangan mau kalah ma anak-anak SD Mutiara Bunda khususnya kelas lima dan enam Plus… mereka telah berkali-kali membuat karya tulis yang didahului dengan proses …

Take note skills and make the draft…

Mau bukti???... bertanyalah pada Rivaldo, Vanesa, Fern Gabby, Dharma, dan juga Dianca


Well… so apa yang kalian temple dikelas benar-benar… Article hasil karya kalian… bukanya hasil browsing, copy paste and edit formatnya agar cantik lalu printed dan dikumpulkan…

Jangan mau kalah ya…

See you around

Tidak ada komentar:

Posting Komentar