Sabtu, 09 Juli 2011

Kotak Ajaib PANAS PANAS & PANAS

 
Kotak Ajaib…. PANAS… PANAS… & PANAS

 
Coba perhatikan gambar ini….

Kira-kira apa yang ada dibenak kalian?....

 
Apakah itu Cuma sekedar etalase atau tempat pamer barang yang biasanya ada ditoko atau showroom?
Perhatikan lebih seksama… lebih dekat lagi…
Apakah kalian melihat sebuah panci yang ada didalam kotak itu?....
Apakah itu tempat display experiment bagaimana cara memasak yang benar?
Apakah kalian pernah berpikir…. Apa sih yang menjadi bahan bakar kompor tadi?
Apakah berbahan bakar listrik, atau gas seperti yang ada didapur rumah kalian, atau bahan yang lain?
Terbuat dari apakah kotak itu?

 
Well… this is it!!!
Benda itu ialah kompor teknologi tepat lingkungan yang mengunakan energy SURYA! So, intinya dengan sinar mentaripun kalo kita gunakan dengan technology yang tepat bisa digunakan untuk memasak atau merebus air. 
 
 
Emang apa bisa begitu????

 
Kita semua tahu, MAtahari selain memancarkan sinar juga sebagai cahaya, sinar matahari khan juga menggandung panas. Masak sik? Coba praktekan bila kalian berada dibawah sinar mentari pagi dan siang hari, lebih panas mana? Atau coba perhatikan bila kita menjemur pakaian, energy apa yang bisa membuat pakaian kita kering? … tidak lain energy PANAS bukan?...




So… kompor tadi mengunakan technology yang mampu menangkap panas.
Jadi bisa disimpulkan, alat tadi memerlukan media atau material yang mampu menangkap panas… kira-kira kalian tau materi itu?.... yaitu KACA… atau gelas kaca… alat ini mengadopsi efek rumah kaca.

 
Kompor tenaga Surya ini, berbentuk kotak bisa jadi kubus atau balok dan dinding atau jarring-jaring bangun ruang itu mengunakan kaca. Sehingga ketika kaca tersebut menerima sinar mentari maka sinar tersebut akan dipantulkan ke dinding yang lain sehingga panas akan lebih lama tinggal didalam kotak tadi… kaca dan kotak berfungsi sebagai perangkap panas sehingga panas yang terkumpul bisa digunakan untuk memasak air minum


Kira-kira ada kelemahannya tidak?... tidak ada atau belum ada sesuatu yang sempurna didunia ini khan kecuali satu… he he he… coba tanyakan saja sama guru agama kalian….
Kelemahan satu-satunya ialah… ketersediaan sinar matahari… bila tidak ada sinar matahari alat ini juga tidak akan berfungsi… mungkin kalian menemukan kelemahan yang lain?... coba isikan jawaban kalian dikolom komentar…

 
Saya harap nanti ada salah satu diantara kalian yang menexplorasi technology ini sehingga sekali lagi kalian akan menemukan sesuatu yang berguna bagi orang banyak….

AKHIR kata… sekarang waktunya menikmati secangkir kopi kental dari air yang saya masak tadi dan… menikmati pisang rebus…. Hasil rebusan kompor tadi… semoga aja tidak ada radiasi RADIOAKTIF… ya?


 

Hmmmm…. Nikmat sembari menikmati sejuknya alam pegunungan dikaki bukit Gunung Penanggungan….

Have a nice day….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar