Jumat, 17 Juni 2011

Ecological Friendly Technology FUN Learning at PPLH Seloliman


Ecological Friendly Technology Fun Learning


Banyak sekali kita jumpai dan bahkan dapatkan dengan mudah beragam hasil cipta karya rasa manusia.. didunia yang kita tinggali saat ini… salah satunya ialah … TEKNOLOGI…


Review Sejenak… sembari menikmati embusan angin pegunungan dan sambil sipping a glass of genuine Javanese coffee…wow… begitu enaknya… tak terkatakan….


Part one kita share khan betapa asyiknya belajar terjun kelapangan. Langsung merasakan dan mencium aroma hijaunya pegunungan plus kerbau pak Tani, lembabnya dan kotornya lumpur sawah dan naik turun bukit sembari bermandikan matahari pegunungan yang tak terasa bikin kulit kita semakin sawo matang atau makin hitam… tapi… itu tidak masalah bukan…? 


Senang… antusias… haus… lapar… panas terik… capai… menyatu menjadi Satu!!! MANTAAPPPP! Kata tersebut mengingatkan  saya pada Mr Pedro ketika belajar Bahasa Ibu kita.


Part two kita sharingkan proses pengelolaan mata air menjadi sumber energy 
sehingga menghasilkan PLTMH atau Micro Hydro power plant.. beserta segala keindahan yang tersaji dan kita jumpai dilapangan. Sejatinya yang kedua ini cocok sekali sebagai bahan pembelajaran anak didik kita dikelas dua s/d lima tentang pemberdayaan sumber daya alam disekitar kita.


Part three… kira-kira apalagi ya… cerita petualangan sudah, materi pembelajaran juga sudah… untuk kali ini kita bagi-bagi sesuatu yang Fun saja… yang unique dan tidak lupa mendidik serta menambah pengetahuan sains kita semua…. Setuju???... ya pasti lah… kalau tidak setuju, saya Mr Tidak akan tulis!!! Bener Khan???... just kidding koq!


Fun Learning @ PPLH


Di PPLH kemarin kita pada umumnya atau intinya belajar tiga hal: biology tentang tumbuhan dan manfaatnya, belajar mengurangi bagaimana usaha kita menjaga bumi ini agar tetap lestari atau terjaga dan belajar memanfaatkan sumber daya alam dengan BIJAKSANA! Atao lebih khususnya eco friendly.


Teknologi Tepat Lingkungan : 
Solar Energy = Energy Surya




Kira-kira mengapa kita memberdayakan sinar matahari sebagai Alternative energi... ya karena GAK PERLU BAYAR alias Murah… GAMPANG DIDAPAT… karena Negara kita terletak didaerah Khatulistiwa = Equator… dan juga… MINIM POLUSI yang dihasilkan… ! SIP!!! MANTAP!!!

Terus… pertanyaan kedua! Hmmm… bagaimana kita memanfaatkannya?... 

Untuk apa saja ya?

CHECK THeSe OUT!!!


Solar Water Heater


Lihat gambar disamping bukan?.... jangan salah lho ya… itu bukan Pyramid di Giza sebagai makam Raja-Raja Mesir atau yang terkenal dengan sebutan PHARAOH atau Fir’Aun…

Bentuknya aneh ya?... 


Pyramid kaca tersebut ialah Solar water heater. Tau khan fungsinya?... coba artikan namanya?... bangunan pyramid atau limas segi empat (mathematic bangun dasar dan Ruang atau 3D) yang memilki sisi sebelah barat, utara, timur dan selatan yang luasnya sama. 


Hal ini dimaksudkan agar bisa menangkap sinar matahari sepanjang tahun. Karena Negara kita berada di garis khatulistiwa yang mendapat sinar sepanjang tahun. Kedua, posisi matahari terbit dan tengelam, serta pada saat siang hari, dengan bentuk seperti itu maka Cell yang ada didalam kaca tersebut akan mendapatkan sinar sepanjang hari. 


Pada saat siang hari sinar akan diterima sama rata dikeempat permukaan bangunan  tersebut. Lho koq ada sisi utara dan timur juga? Gak bisa dibayangkan bila matahari terbit dari sebelah utara atau selatan, ini bagaimana Mr?.... kita tahu bahwa posisi sinar mentari tidak constant setiap masa, terkadang condong kea rah utara dan terkadang condong ke arah selatan maka dibuatlah limas atau prisma segi empat. 

 How does it work????....



Kurang jelas… Kita ZOOM aja ya…



Oke… Let’s KISS it!!! He he he

KiSS = KEEP IT SIMPLE SMARTY!!!

Kaca berguna untuk menangkap sinar surya yang panas itu dan berguna menjebak suhu panas didalam pyramid. EFEK RUMAH KACA… Panas tadi ditangkap juga oleh pipa besi warna hitam yang melingkar…
Kira-kira apa yang terjadi bila pipa besi mendapatkan panas?... kog bisa???.... RADIASI = heat transferring through air as media… kelas 4 nih ya…!
Lalu pipa panas tadi memanasi air yang ada di dalam tendon bagian bawah… air akan berubah menjadi HANGAT!!! 
  

TIPS: ketika terdengar sandi bunyi yang menandakan waktu mandi, CEPATLAH MANDI!!! Siapa CEPAT dia DAPAT AIR HANGAT TADI… 
Psssst!... Jumlah air hangatnya tidak banyak….  



1 komentar:

  1. There is a chance you qualify for a new solar energy rebate program.
    Click here to find out if you are qualified now!

    BalasHapus