Minggu, 12 Juni 2011

Viva Five Plus… (Forever) – a Class Party

Fiver Pluzzers greeted you all... Hi!!!!

This is our Party…
A Memorable moment…
Lots of Laugh and cry…
So… this is it…


Entah Mulai kapan budaya class party ada disekolah kami, yang jelas sekarang kegiatan class party ini sudah menjadi tradisi yang tidak bisa dilewatkan diakhir tahun. Kegiatan ini cukup bagus juga untuk mempererat rasa persatuan dan jalinan pertemanan yang sudah terjalin selama setahun bagi kelas satu tentunya dan beberapa tahun bagi kelas dua ke atas. 
 
This hands gesture means... Five Plus.... they said


Kegiatan yang biasanya dilakukan pada kelas party antara lain ialah jamuan makan bersama baik yang main course atu heavy meal serta berbagai permainan atau yang lain. Demikian juga dengan apa yang kami lakukan pada saat class party. 
 

Konsep awal kegiatan ini sebenarnya sudah terformat pada awal tahun pelajaran. Kami, 5 plus ingin mendanai sendiri class party kami dan tidak sepenuhnya menggantungkan dana dari orang tua wali murid. Dari itu muncullah beberapa ide, bagaimana caranya menggumpulkan uang sehingga pada saatnya nanti kami hanya tinggal menambahi sedikit dengan uang saku kami. 
 
we like the Party.... he he he

Maka kami menggunakan akumulasi denda yang kami kumpulkan setahun untuk kelas party. Kami sebetulnya ingin mengunakan uang tersebut untuk kegiatan baik atau seperti sumbangan akan tetapi kami urungkan bukan karena kami tidak mau berbagi dengan yang lain tapi kami juga memiliki kebijakan sendiri…


Sampai pada semester awal dana yang terkumpul mencapai hampir 250-an ribu… lalu pada semester dua kami hanya mengumpulkan sekitar seratusan…. Kemajuan bukan????.... semakin sedikit denda yang terkumpul berarti semakin tinngi tingkat sadar tanggung jawab anak-anak kami… di satu sisi kami berhasil membuat diri kami lebih baik dalam hal “responsibility” antara lain tidak datang terlambat serta selalu siap dengan apa ynag kami butuhkan untuk kegiatan belajar-mengajar kami..

we are so cute aren't we?


Lalu pertanyaan?... bagaimanakah mengunakan dana tersebut yang berkesan???...
Pertama kali muncul bagaimana kita menghargai hasil kerja keras siswa kami. Kami ingin memberikan cinderamata kecil bagi yang berprestasi dan berperan positive bagi kelas kami
Kedua kami ingin pesta ini berkesan mendalam, penuh makna dan bukan hanya menghabiskan waktu untuk bersenda gurau atau makan dan main….
Kami juga ingin berbagi dengan yang lain…

THIS ONE MUST BE VERY SPECIAL AND SOMETHING NEW… SOMETHING UNFORGETABLE…


Sehari sebelum class party seingat saya dua jam sebelum pulang, kami meminta anak-anak untuk flashback satu tahun lalu yakni ketika mereka membuat time capsule yakni meminta siswa kami menuliskan semua hope & wish mereka dikelas lima. Mereka juga hendaknya menyertakan juga langkah-langkah apa saja yang akan mereka lakukan dalam mencapai tujuan mereka. Dan kami membaca kembali time capsule kami pada akhir semester satu dan awal tahun untuk memodifikasi atau review apa yang telah kami lakukan sejauh ini. Apakah sesuai dengan target plan tiap siswa serta counter action. Maka tibalah saat-saat terakhir kami menghabiskan hari di kelas lima. Dengan jujur mereka menyampaikan kesan mereka selama satu tahun dikelas lima dalam bentuk narasi. 
The food, drink and pin plus fruit salad are ready on the table

 

Pada hari H class party kami, anak-anak sudah terkumpul pukul 7:30. Semua keperluan juga sudah lengkap. Makanan yang kami inginkan ialah snacks and chips serta softdrink juga sudah tertata rapi dimeja. 12 pin yang akan kami bagikan juga sudah tersedia. Bersama dengan mereka kami, menyiapkan ruangan, sepatu hendaknya dilepas dan ditata rapi didepan kelas kami. Meja kami hadapkan tembok dan hanya berfungsi untuk tempat meletakan tas mereka. Kursi kami tata dibagian belakang buat para undangan beberapa guru. Waktu itu, Mr Made, Ms Novi, Ms Dian, Ms Hani serta Bu Selvi juga ikut hadir walau cuma beberapa menit dikelas kami. Sebagian anak-anak mengundang teman-teman mereka yang pernah merasakan kelas plus waktu mereka duduk dikelas empat dan tiga. Mereka antara lain Dewa, Putu, Jasmine, Sabrina, Phebe dan Memes, akan tetapi Memes tidak bisa hadir pada saat acara karena ada kepentingan. Begitu pula seperangkat laptop, LCD dan Loudspeaker juga telah kami siapkan berikut tentang powerpoint kami.


the flasback of VIVA FIVE PLUS... Forever
Pukul 8 tepat acara dimulai, sepenggal kata saya ucapkan kepada semua yang hadir. Yang hadir pada waktu itu ialah seluruh siswa kelas lima plus, satu plus dan dua plus kami, serta perwakilan dari kelas empat plus beserta para undangan. Kami sejatinya ingin mengundang Bu Ninik serta Bu Linda karena kami tahu mereka sangat care kepada kami. Akan tetapi kami urungkan karena kesibukan mereka. 
 

looks who is wearing the pink t-shirt? DARLENE... 1plus
Acara pertama ialah flashback setahun yang lalu, anak-anak melihat powerpoint “Viva Five Plus… Forever” yang saya kerjakan semalam berikutnya. Mereka fokus menonton tak jarang mereka terkejut ketika apa yang mereka tulis terpampang dilayar. Canda tawa juga melengkapi acara ini. Semua termanggu, entah apa yang mereka rasakan dibenak mereka saya juga tidak sepenuhnya tahu. 
 
Firman of 4plus

Five Plus Pin Up Award lalu kami selengarakan. Dengan rasa bangga tiap siswa maju apabila mereka dinyatakan yang berhak membawa pin penghargaan pulang. Setelah award selesai, kami berikan waktu anak-anak untuk menggambil makanan dan bersiap-siap untuk melihat film komedi yang sepakat akan kami tonton.


Raka n Valent from grade 1 plus
YA… kami melihat film salah satu seri komedi pendek MIND YOUR LANGUAGE yang menceritakan sebuah kelas Bahasa Inggris dengan siswa yang berasal dari berbagai latar budaya dan Negara. Berikut cerita lucu yang terjadi disekolah tersebut yang melibatkan Principal, English teacher yang memahami anak didiknya, tingkah polah anak didiknya sampai juga penjaga kantin dan sekolah. Waktu itu, episode yang kami tonton ialah “A QUEEN FOR A DAY”. 
 

Pukul sepuluh acara ini selesai. Kami berikan waktu bagi anak-anak untuk bermain bersama. Mereka main monopoly yang dibawa oleh Daniel Dharma dan mereka bermain bersama-sama. Mereka juga bisa bagi peran untuk tiap permainan. Apabila mereka tidak main mereka bermain laptop saya.


Pukul sebelas, dengan kamera yang dipercayakan oleh salah satu wali muird kami, Photo Session kami laksanakan. Kami potret sana sini dikelas, diplayground TK dan juga di hall samping TU. Sungguh mereka bergaya sesuka hati. 
The girls....

the brave heart boys...

the shines....

The five pluzzers...
Christian 5plus
 

Satu kurang seperempat, kami bersama-sama merapikan kelas kami dan setelah rapi kami pulang….

 

























Lho? Kenapa koq tidak ada pelajaran hari itu?...
Sesungguhnya anak-anak lima plus, tetap belajar setiap harinya selepas Ujian AKhir sekolah. Setelah Graduataion Day-pun mereka tetap belajar. Pagi mereka menyelesaikan administrasi kelas, activity and school program & school news, belajar bahasa satu jam bahasa inggris, menyelesaikan materi pemantapan di kelas lima berikut pembahasan, mengerjakan soal-soal diknas, dan refreshing selama tiga puluh menit. Dan kami sepakat, apabila mereka ingin kelas party maka semua tanggungan enrichment seharusnya sudah kelar sebelum hari kami pesta kelas.


Ucapan terima kasih kami ucapkan atas support dan bantuan walimurid yang kami terima.
Papanya Valdo membelikan kami satu dos minuman fruitamin, Dianca’s Mom membelikan kami sekotak Roti, Karen’s Mom juga memberikan dua kotak mini burger yang habis dilahap anak-anak kami siang harinya, Mam Rina dan Pak Eddy, orang tua Ratashya Fern pagi-pagi sudah datang dan meminjamkan kamera Nixon-nya serta membuatkan Fruitsalad yang menjadi makanan favorite para dewan guru dan Kepsek. Dan semua orang yang terlibat acara pesta kelas kami…

Akhir KAta… THIS IS A VERY GOOD CLASS PARTY…


SAYONARA FIVE PLUS…. WELCOM ABOARD SIX PLUS…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar